Senin, 12 November 2012

[KUIS] Java mengenai Interface, Class, Object


1.Interface
Interface mendefinisikan aturan perilaku (protocol of behavior) yang dapat diimplementasikan oleh kelas manapun. Interface mendefinisikan satu set method tanpa menyediakan implementasinya. Sebuah kelas yang mengimplementasi sebuah interface terikat kontrak oleh interface tersebut untuk mengimplementasi semua method yang ada di dalam  interface. Dengan kata lain, kelas tersebut terikat untuk meng-implementasikan perilaku tertentu yang tertulis dalam interface. Secara substansi, interface merupakan kumpulan dari method abstrak dan konstanta. Dalam dunia pemprograman istilah interface juga dikaitkan dengan bentuk dan tampilan dari suatu program yang kita buat yang merupakan tampilan tatap muka yang dapat kita akses secara visual.
Interface memiliki kemiripan dengan kelas abstrak, di mana keduanya memuat method abstrak. Perbedaan penting antara interface dan kelas abstrak adalah :
--Sebuah interface tidak dapat membuat implementasi satu methodpun, sementara kelas abstrak dapat membuat implementasi satu atau lebih method abstrak.
--Sebuah kelas dapat mengimplementasi beberapa interface, tetapi ia hanya dapat meng-extends satu superclass.
--Interface bukan merupakan bagian dari hirarki kelas. Dua kelas yang tidak berhubungan dalam jalur hirarki kelas dapat mengimplementasi interfaceyang sama.
Deklarasi Interface
Untuk mendeklarasikan suatu interface kita dapat memisalkan bahwa ada sekumpulan obyek yang memiliki keahlian ataupun kemampuan yang sama, misalkan semua obyek tersebut dapat berjalan. Untuk itu dapat dibuatkan sebuah interface public yang dinamakan Berjalan, dimana interface tersebut memiliki tiga operasi maju, mundur, berhenti.

Kondisi diatas menggambarkan bahwa kelas Mobil telah mengimplementasikan interface Berjalan. Dan untuk kode dari desain kelas di atas adalah sebagai berikut:
public interface Berjalan {
public void maju();
public void mundur();
public void berhenti();
}

public class Mobil implements Berjalan {
public void maju(){
//melangkah ke depan
}
Public void mundur(){
//melangkah ke belakang
//masukkan gigi mundur
}
public void berhenti(){
     //menginjak rem
}
}

Satu interface Berjalan dapat diimplementasikan oleh beberapa kelas/class sekaligus. Misalkan seperti, Kereta api, truk, gerobak, yang semuanya dapat berjalan. Dan dalam contoh tersebut class Mobil merupakan subclass dari Kendaraan sehingga sebuah kelas/class dapat mewarisi satu kelas tetapi dapat mengimplementasikan beberapa interface sekaligus.

Penggunaan interface
Biasanya interfacedigunakan untuk:
--Mendeklarasikan methodyang akan diimplementasikan oleh satu atau beberapa kelas.
--Menunjukkan interfacesebuah obyek ke publik tanpa menunjukkan isi kelas sebenarnya.
--Menangkap kesamaan di antara beberapa kelas tanpa perlu memasukkannya dalam hirarki kelas (superclass- subclass).
--Mensimulasikan konsep pewarisan banyak kelas dengan mendeklarasikan kelas yang mengimplementasikan beberapa interface sekaligus.

2.Class/Kelas
Dalam dunia OOP class merupakan hal yang sangat penting karena class merupakan sebuah blueprint atau rancangan utama dari perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menginstansiasi (mendeklarasikan dan menciptakan) banyak obyek. Sebuah class mendefinisikan satu set elemen data  (attribut) dan perilaku atau fungsi (method) yang digunakan untuk memanipulasi obyek atau melakukan interaksi antar obyek. Atribut dan method dikenal juga sebagai anggota obyek.
Contoh class:
//Mendefinisikan class Siswa
public class Siswa
{
//field
    public String nama;
     public String nis;
     public String kelas;
    //konstruktor
    public Siswa()
    {
 
    }
    //konstruktor
    public Siswa(String nama,String nis,String kelas)
    {
        this.nama = nama;
           this.nis = nis;
           this.kelas = kelas;
    }
    //method
    public String getNama()
    {
        return nama;
    }
      //method
    public String getNis()
    {
        return nis;
    }
      //method
    public String getKelas()
    {
        return kelas;
    }
    }

3.Object
Object dalam dunia OOP merupakan sebuah entiti yang memiliki keadaan, behavior dan juga identitas yang  tugasnya dirumuskan dan ditujukan dalam suatu lingkup masalah dengan baik. Objek juga merupakan instance/ wujud takpilan bentuk sebenarnya dari sebuah class  dimana tanpa adanya objek maka suatu class akan menjadi hambar dan keberadaanya menjadi seperti abstrak.
Dan contoh pembuatan object adalah sebagai berikut (melanjutkan class Siswa):
public static void main (String[] args){
//Pembuatan Object Siswa
Siswa Siswa1 = new Siswa("Chandra Farandi Imam Adipa","NS034","IPA 3 B");
System.out.println();
System.out.println("Data Siswa ");
System.out.println("--------------");
System.out.println("Nama\t :"   + Siswa1.getNama());
System.out.println("Nis\t :"     + Siswa1.getNis());
System.out.println("Kelas\t :" + Siswa1.getKelas());
System.out.println("--------------");
System.out.println();
}

4. Contoh interface,Class , dan Object dengan java
                Contoh Interface
public interface Berjalan {
public void maju();
public void mundur();
public void berhenti();
}

public class Mobil implements Berjalan {
public void maju(){
//melangkah ke depan
}
Public void mundur(){
//melangkah ke belakang
//masukkan gigi mundur
}
public void berhenti(){
     //menginjak rem
}
}


                Contoh Class

//Mendefinisikan class Siswa
public class Siswa
{
//field
    public String nama;
     public String nis;
     public String kelas;
    //konstruktor
    public Siswa()
    {
 
    }
    //konstruktor
    public Siswa(String nama,String nis,String kelas)
    {
        this.nama = nama;
           this.nis = nis;
           this.kelas = kelas;
    }
    //method
    public String getNama()
    {
        return nama;
    }
      //method
    public String getNis()
    {
        return nis;
    }
      //method
    public String getKelas()
    {
        return kelas;
    }
    }

                Contoh Object

public static void main (String[] args){
//Pembuatan Object Siswa
Siswa Siswa1 = new Siswa("Chandra Farandi Imam Adipa","NS034","IPA 3 B");
System.out.println();
System.out.println("Data Siswa ");
System.out.println("--------------");
System.out.println("Nama\t :"   + Siswa1.getNama());
System.out.println("Nis\t :"     + Siswa1.getNis());
System.out.println("Kelas\t :" + Siswa1.getKelas());
System.out.println("--------------");
System.out.println();
}

       Contoh Class+Object(digabung)
//Mendefinisikan class Siswa
//Siswa.java
public class Siswa
{
//field
    public String nama;
     public String nis;
     public String kelas;
    //konstruktor
    public Siswa()
    {
 
    }
    //konstruktor
    public Siswa(String nama,String nis,String kelas)
    {
        this.nama = nama;
           this.nis = nis;
           this.kelas = kelas;
    }
    //method
    public String getNama()
    {
        return nama;
    }
      //method
    public String getNis()
    {
        return nis;
    }
      //method
    public String getKelas()
    {
        return kelas;
    }
    
     public static void main (String[] args){

//Pembuatan Object Siswa
Siswa Siswa1 = new Siswa("Chandra Farandi Imam Adipa","NS034","IPA 3 B");
System.out.println();
System.out.println("Data Siswa ");
System.out.println("--------------");
System.out.println("Nama\t :"   + Siswa1.getNama());
System.out.println("Nis\t :"     + Siswa1.getNis());
System.out.println("Kelas\t :" + Siswa1.getKelas());
System.out.println("--------------");
System.out.println();
}
}
Dan untuk hasilnya setelah dicompile adalah sebagai berikut:
 untuk source codenya nanti kami upload :D


Tidak ada komentar:

Posting Komentar